Tips Memperkecil Ukuran & Besar Foto Via Adobe Photoshop


adobe.jpg
Ukuran foto yang terlalu besar sering menyulitkan saat mau di email ke orang lain atau mau dipasang di website.

Ada banyak software yang bisa digunakan untuk mengoptimalkan gambar atau foto agar lebih kecil dan mudah dikirim lewat email, salah satunya adalah Adobe Photoshop.

Sekedar informasi, tutorial ini dibuat dengan menggunakan Adobe Photoshop 7.0. Berikut langkah-langkahnya:

Persiapkan Foto
Siapkan file gambar dari scan atau kamera digital, semakin besar resolusinya semakin bagus kualitasnya, semakin mudah pengolahannya.

Buka program Adobe Photoshop
Kemudian klik menu File > Open… atau klik tombol keyboard Ctrl+O, lalu pilih file gambar yang akan diolah dan klik tombol Open.

Editing
Setelah gambar muncul dalam window Photoshop, editlah seperlunya, apakah mau di-croping, brush, dan seterusnya. Setelah proses edit gambar selesai, klik menu Image > Image Size… untuk mengubah ukuran resolusi gambar.

Resize Image
image-size.jpg
Dalam window Image Size, yang pertama kali, pastikan boks pilihan Constrain Proportions & Resample Image(pilih Bicubic) telah dicentang. Kedua, pastikan angka dalam kolom isian Resolution jumlahnya 72, dengan standar ukuran pixels/inch. Ketiga, pastikan besar maksimal Width atau Height dalam kolom Pixel Dimensions = 600 pixel. (silakan angkanya disesuaikan dengan keperluan anda). Keempat, klik tombol OK.

Penyimpanan
Untuk proses penyimpanan, silahkan klik File > Save for Web… atau klik tombol keyboard Alt+Shift+Ctrl+S.
save-for-web.jpg
Setelah muncul window Save for Web, klik tab 2-Up, untuk melihat perkiraan kualitas gambar yang akan disimpan.
Kemudian pastikan format gambar pilihannya dalam bentuk JPEG.

Selanjutnya, boks pilihan dibawah pilihlah antara level Medium hingga Maximum, bila pilihan medium ternyata gambar yang terlihat disamping kiri kualitasnya sudah nampak bagus, maka pilihlah level medium, begitu seterusnya. Sekalian lihat informasi besar file dibawah foto. Dalam hal ini terkait dengan selera, yang pasti, usahakan agar besarnya file gambar tidak terlalu besar. Jangan lupa boks pilihan Progressive dicentang. Sedang untuk nilai Blur dibuat 0 dan Matte-nya None. Lalu klik tombol Save.

Dan setelah muncul window Save Optimized As, tulislah nama file yang diinginkan dalam boks teks File name, lalu pilih folder untuk menyimpan, dan terakhir klik Save.

14 thoughts on “Tips Memperkecil Ukuran & Besar Foto Via Adobe Photoshop

  1. Artikel di blog ini sangat menarik & bagus. Untuk lebih mempopulerkan artikel (berita/video/ foto) ini, Anda bisa mempromosikan di infoGue.com yang akan berguna bagi semua pembaca di tanah air. Nantikan segera plugin / widget kirim artikel & vote yang ter-integrasi untuk Blogspot dan WordPress dengan instalasi mudah & singkat. Salam Blogger!
    Artikel anda:
    https://qodoq.wordpress.com/2008/03/05/tips-memperkecil-ukuran-besar-foto-via-adobe-photoshop/

  2. mas tolong kasih tau gimana bikin gambar abtract di photosop supaya ukuran hasil gambarnya lebih dari 3M px jadi ukuran gambarnya lebih dari 3 MB

    tolong yah……

    soalnya setiap kali saya bikin gambar abtract di photosop hasilnya pas di save dalam .jpg cuman 900 kb

  3. @ rei
    coba perbesar resolusinya, caranya klik Menu > Image Size… kemudian di input box Resolution diisi nilainya 300 atau 1000 (pokoknya dibuat lebih besar dari semula), lalu coba simpan dan cek besar filenya. Kalo masih kurang besar, perbesar lagi resolusinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s