Membuat Dokumen dalam Format PDF dengan CorelDraw


Memang ada banyak software yang bisa digunakan untuk membuat dokumen dalam format pdf, seperti Adobe Acrobat, Adobe Pagemaker, PrimoPDF, pdf 995, PDFCreator, CutePDF, dan yang lainnya.

Dan CorelDraw, tool grafis berbasis vektor, juga bisa digunakan untuk membuat dokumen dalam format PDF. Bahkan dengan toolnya yang kaya, dokumen PDF yang dibuat bisa didesain lebih bagus. Caranya juga sangat mudah. Sekedar informasi, tulisan ini berdasarkan penggunaan program CorelDraw versi 11. Berikut langkah-langkahnya:

Buat Dokumen dalam Format CDR
Buatlah dokumen seperti biasa di program CorelDraw, bisa curriculum vitae, katalog produk, atau apa saja. Atau buka aja dokumen anda yang sudah jadi dalam format .cdr.

Simpan dalam Format PDF
publishtopdf.gif
Setelah dokumen didesain sedemikian rupa sesuai keinginan anda, silakan simpan dalam format .pdf. Caranya Klik menu File > Publish to PDF.
savaspdf.gif
Setelah muncul window Save As PDF, silakan ketik nama file yang diinginkan di input box File name. Dan di-input box PDF Style, silakan pilih PDF for the Web, agar besar filenya kecil.

Tambahan
Karena keterbatasan pdf viewer dalam membaca font, silakan gunakan PDF Standard Font yang sementara masih berjumlah 14, yaitu: Times−Roman, Times−Bold, Times−Italic, Times−BoldItalic, Helvetica, Helvetica−Bold, Helvetica−Oblique, Helvetica−BoldOblique, Courier, Courier−Bold, Courier−Oblique, Courier−BoldOblique, Symbol, ZapfDingbats.

Sekedar informasi, teks dan kurva yang ada dalam dokumen CorelDraw bila di-convert (Ctrl-Q), maka dalam format PDF menjadi image.

Untuk melihat hasilnya ada banyak tersedia pdf viewernya seperti Adobe Acrobat Reader, Foxit Reader, Sumatra PDF dan sebagainya

4 thoughts on “Membuat Dokumen dalam Format PDF dengan CorelDraw

  1. hello,

    sy mo nanya nih.seumpama sy udah punya ebook yang udah dalam format pdf (hasil download)trus kalo mau di masukan ke dalam web/blog sebagai cth : bonus, gimana caranya yach..apa ada software khusus..

    thanks,

  2. numapang mampir bRo…
    gw udah lama pake corel…td pengen bikin ebook format pdf dr corel, trus bingung caranya gimana. nyoba di export, ngga ada pilihan. di save as apa lagi…iseng2 nanya mbah google…eh nemu link ini..

    dan ternyata caranya gampang..hehehe..
    gw ngga perhatiin…kalo ada tools😀

    salam kenal bRo…
    n thanks

    [t][a][z]

  3. Salam kenal

    Maaf, mau nanya dong… saya baru belajar corel X3, ada file dari pdf yang isinya tabel mau dipindahin ke corel.
    biasanya saya import bisa, kenapa pake import gak bisa ya. atau ada cara lainnya?

    Terima kasih atas bantuannya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s