DeskPins, Tool Kecil yang Bisa Membuat Aplikasi Apa Aja Jadi “Always on Top”

deskpins.gif
Awalnya lompat sana sini, nyari tips trik biar cmd (command tool) yang biasa buat nge-ping (ngecek kestabilan koneksi internet secara simultan) bisa Always on top. Jadi ndak usah bolak-balik pencet Alt-Tab atau re-size windows browser. Tapi yang dicari ndak nongol-nongol.

Akhirnya setelah mengumpulkan energi, sambil menyalurkan tenaga dalam ke kepala dan tangan, agar pusing segera hilang dan jari tangan kembali bertenaga, sekali lagi nyoba ganti kata kunci. Tentu, dengan tetap memakai jurus pemberian Mbah Google. Dan tak berapa lama, ketemulah yang dicari, dialah si kecil DeskPins, yang dibuat oleh Elias Fotinis.

Cara Pakai
Download dulu, dan install sampai selesai. Lalu klik shortcut programnya. Bila sukses, maka akan muncul icon di system tray. Cara pakainya agar window suatu program berstatus Always on Top, klik icon di system tray, kemudian arahkan pin ke window yang diinginkan. Bila sukses, pin akan terlihat menancap di top bar menu. Untuk menghilangkan statusnya, tinggal klik gambar pin 1X.

System Requirement
– Windows 95, 98, ME, NT, 2000, XP, 2003.
– Minimal 386/10MHz class CPU atau lebih tinggi.
– 4 MB RAM.
– free disk space kurang dari 100 Kb.
– minimal 4 bpp (16 colors) – 8 bpp (256 colors), lebih tinggi lebih baik.

Download
Link download DeskPins V1.30
Besar file 96 Kb

Easy Unit Converter, Konversi Tool Gratis Yang Mudah Digunakan

easy-unit-converter.jpg
Anda sering menghitung konversi ukuran berbagai unit dalam pekerjaan atau tugas anda? Coba gunakan tool ini, poko e sip deh.

Di Easy Unit Converter ada kategori ukuran panjang, luas, volume, suhu dan berat. Dan didalamnya terdapat 50 unit ukuran, diantaranya adalah sebagai berikut:

Suhu (Temperature):
Celcius, Fahrenheit, Kelvin
Panjang (Length):
km, m, dm, cm, mm, nautic miles, miles, yards, feet, inches, parsecs, lightyear.
Luas (area):
km2, hectares, m2, cm2, mm2, miles2, acres, yrd2, ft2, in2.
Isi (volume):
m3, liters, cl, ml, cm3, cc, yrd3, US Barrels, ft3, UK Gallons, US Gallons, quarts, pints, cups, tablespoons, teaspoons, US ounces, UK ounces, in3.
Berat (weight):
kilograms, grams, carats, miligrams, micrograms, tons, pounds, pounds (troy), oz (troy), ounces.

Link download Easy Unit Converter
Tool yang dirilis terakhir pada bulan Nopember 2004 ini versinya 1.21.
Besar file 418 Kb.

System Requirements
Windows 95/98/ME/NT4/2000/XP/Win2003

Ingin Software yang Lebih Lengkap?
Coba aja download Free Unit Converter, software ini menyediakan sekitar 5.000 unit konversi yang terbagi dalam 21 kategori ukuran dan tiap kategori terbagi lagi dalam sub-sub kategori, yang daftarnya bisa ditampilkan atau disembunyikan.

Daftar 21 kategorinya adalah sebagai berikut: Mass & Weight, Distance & Length, Capacity & volume, Area, Temperature, Speed, Acceleration, Time, Pressure & Stress, Circular Measure, Power, Energy & Work, Torque, Volumetric Flow Rate, Mass Flow Rate, Cooking, Weight to Volume, Fractions & Percent, Computer Storage, Data Transfer Rate dan Fuel & Economy.

Link download Free Unit Converter.
Besar file 806 Kb.
Versi 2.11, dirilis terakhir bulan Agustus 2007.

Malas Install?
Kalo malas install, silakan lompat aja ke Online-Unit-Converter.com, miliknya Unit Conversion, Inc. Dibanding versi software, jumlah unit konversinya jauh lebih banyak di versi online, yaitu sekitar 25.000 unit konversi.

Atau lompat ke WWW unit converter-nya Digital Dutch. Disini tersedia konversi unit dengan kategori Area, Bits & Bytes, Density, Energy, Force, Length, Mass, Power, Pressure, Speed, Temperature dan Volume. Disini juga gratis, tapi kalo ingin source code-nya bisa dipasang di website anda, harus mbayar dulu $49.

Web Album Generator, Buat Sendiri Album Foto HTML

wag_icon.png
Anda ingin membuat album foto dalam HTML dengan gratis, tanpa harus tahu pemrograman HTML kurang dari 10 menit, coba pakai Web Album Generator. Nanti hasil album foto yang anda buat kira-kira seperti ini.

Tool ini bekerja secara otomatis dalam membuat seluruh halaman HTML, thumbnail JPEG, dan CSS untuk album foto Anda. Memang tool ini dikhususkan untuk membuat album foto online dengan cepat. So, setelah selesai dibuat lalu diupload ke server. Tapi terserah keinginan masing-masing.

Fungsi Lain
Saya pernah memakai software ini untuk membuat katalog produk yang disimpan dalam CD untuk bahan presentasi ke buyer lokal. Abis jumlah fotonya mendekati 1.000 buah, jadi setelah lompat sana sini ceritanya terus ketemu dah sama tool ini. Pokoknya mbantu banget deh.

Saya juga kadang memakainya untuk mendisplay beberapa sampel desain ke klien, untuk membuat kesan presentasinya lebih terorganisasi.

Template
Didalamnya juga terdapat pilihan beberapa template yang lumayan lah, jadi gak usah ndesain lagi.

Cara Pakai
Cara makainya sangat mudah. Silakan download dan install dulu.

Adding Photo
Setelah diinstall, dan dibuka, silakan add foto, kalo mau cepat langsung aja add folder. Jadi sebelumnya sebaiknya kumpulkan foto yang mau dijadikan album dalam satu folder. Untuk add folder, link menunya di Photos > Import Folder of Photos…

Judul Foto & Caption
Lalu kalau mau ngasih Photo Title dan Photo Caption, silakan klik file foto di kolom Photographs. Urutan foto juga bisa disetel lewat tanda panah atas bawah di kolom Photographs bagian bawah. Atau mau me-remove foto juga bisa dengan mengklik tombol keyboard DEL. Dan kalo mau cepat ng-remove-nya, klik beberapa foto dengan tetap menekan tombol keyboard CTRL, kemudian klik menu Remove Selected Photos di kolom Photograph Tasks. Terus kalo posisi fotonya masih terbalik, juga bisa dirotasi lewat menu Rotate Current Photo.

Judul & Deskripsi Album
Kalau sudah, silakan klik Generate Web Album, untuk memproses menjadi album foto dalam format HTML. Lalu ketik Album Title & Album Description sesuka hati anda. Terus klik Next.

Kustomisasi Template
Kemudian window beralih ke pilihan template desain (colour scheme) yang mau digunakan. Anda juga bisa mengkustomisasi sendiri colour scheme yang diinginkan, pilihan yang tersedia hanya warna halaman, warna teks, warna link dan warna hover link. Template hasil kustomisasi anda juga bisa disimpan untuk digunakan kembali lain waktu.

Indeks Thumbnail
Klik Next lagi, disini window beralih ke pilihan ukuran thumbnail, jumlah thumbnail dalam baris & kolom serta link menuju ke halaman depan website. Tapi kalo tidak akan dipasang di server, atau sekedar disimpan di CD, link URL gak usah diisi aja, lalu klik Next. Dan bila di proses sebelumnya kayaknya ada yang masih perlu diperbaiki, klik aja link Previous.

Display Thumbnail
Selanjutnya window beralih ke pilihan Display Thumbnail Navigation Bar, Navigate in Loop, Display Navigation Controls Above Photo atau Below Photo dan ukuran foto zoomnya. Lalu klik Next lagi dan pilih folder tempat peletakan hasil album foto yang sedang dibuat. Dan klik tombol Finish.

Simpel Re-edit
Album foto yang barusan dibuat juga bisa diedit kembali tanpa harus mengulang dari awal. Caranya klik file dengan tipe file .alb (web album generator album) di dalam folder dimana file album tersebut tersimpan.

Untuk manual penggunaan lebih lengkap, klik aja menu Help > Help Contents.

System Requirement
Windows 98, ME, 2000, XP, Vista.

Download WAG
sementara versinya masih 1.8.2 sejak dirilis terakhir bulan Maret 2006.
Besar file 809 Kb.

Clipdiary, Bikin Aktifitas Copy Paste Teks Makin Terorganisasi

Bagi anda yang suka lompat sana sini, surfing, menelusuri informasi di internet, pasti tak lepas dari aktifitas copy paste teks. Barangkali tool ini dapat membantu aktifitas copy paste teks anda makin nyaman. Tidak lagi kehilangan data teks yang dicopy.

Sebenarnya dari klaim si pembuat, format data yang bisa direkam tidak hanya teks, tapi juga bitmap images, tapi setelah saya coba kok gak bisa. Maka aku tulis judulnya hanya sekedar format teks.

Tool yang mulai direlease tahun 2005 ini konsep kerjanya seperti fitur clipboard dalam Windows, dengan penambahan fitur disana-sini sehingga saat meng-copy teks lain, record teks sebelumnya tidak hilang. Pokoknya aktifitas copy paste tidak terganggu, meski komputer hang, atau komputer dimatikan. Sehingga anda bisa memanggil lagi data hasil copy teks bulan atau tahun sebelumnya. Karena hasil copy teks disimpan dalam sebuah database berformat .sql

Oh ya hati-hati menggunakan program ini di komputer yang bisa diakses orang banyak, pastikan sebelum anda meninggalkan komputer file database sudah di move ke flashdisk/disket atau dihapus. Barangkali ada teks yang berisi informasi penting seperti user dan password, sehingga bisa diakses orang lain yang tidak berkepentingan dengan mudah.

Atau bikin aja tool ini portable, silakan copy file instalasi yang udah terpasang sekaligus databasenya ke salah satu folder dalam flashdisk milik anda. Dan saat mengakses pertama kali, silakan switch databasenya ke database lama yang ada di folder dalam flashdisk.

Untuk mencari dimana file database tersimpan, silakan klik menu
Main > Option > Database > Path to database.
Untuk menghapus record teks yang banyak secara cepat, silakan klik menu
Main > Option > Database > Empty database.

Alamat download di http://softvoile.com/download/clipdiarysetup.exe
Versi 1.4 (22 Mei 2007)
Besar file 290 Kb
Lisensi freeware

Pixie, si Kecil Color Picker Tool yang Luar Biasa Mantap

pixie.jpg
Bila anda suka mendesain apalagi bekerja sebagai seorang web designer atau graphic designer, biasanya berulang kali mengolah dan memilih warna. Maka anda bisa mencoba tool yang satu ini, dan siap-siap lupakan aktifitas screen capture untuk memilih warna.

Pixie adalah program kecil yang berfungsi memilih warna berbasis mouse tracker yang secara simultan menginformasikan kode warna dalam format nilai RGB, HEX, HTML, CMYK dan HSV. Dan menampilkan posisi x y pointer mouse anda.

Penggunaannya sangat mudah. Tinggal jalankan Pixie dan menggerakkan mouse, maka secara otomatis informasi warna akan tampil di jendela Pixie. Dan warna yang dipilih bisa dengan mudah di zoom atau dan dicopy, menggunakan kombinasi perintah di keyboard. Untuk melihatnya silakan arahkan mouse ke jendela Pixie.

Tool ini juga bisa dijalankan dalam mode freeze, jika tombol Caps Lock dan Scroll Lock aktif maka jendela informasi hanya menampilkan warna terakhir saat kedua tombol tersebut diaktifkan. Untuk merekam dan memperbesar area warna yang dipilih juga bisa menggunakan kombinasi perintah tombol keyboard untuk magnifier atau zoom (Ctrl+Alt+Z)

Program yang ditulis oleh Ilya O. Levin dalam bahasa C dengan hanya menggunakan Win32 Api ini hanya bisa berjalan di platform Windows 95/98/Me/NT/2000/XP. Dan GRATIS!

Cuma bagi anda seorang developer software atau programer yang tertarik dengan bagaimana persisnya cara kerja Pixie, dan tertarik dengan source codenya. Harus order dulu ke nattyware (http://www.nattyware.com)

Saat ini ditulis, versi terakhirnya 3.1 dengan file sebesar 62KB. Anda bisa mendownloadnya di http://www.nattyware.com/bin/pixie.zip

Oh ya hati-hati jangan mendownload di sembarang tempat, karena sesuai dengan pengalaman penulis, pernah file downloadnya telah disisipi trojan atau spyware.